Monday, June 19, 2006

Tahun 2006 dan kita masih ngomongin warna kulit

Sebenarnya obrolan ini udah 2-3 minggu lalu kejadiannya, sehari setelah pertandingan pra-piala dunia antara tim Perancis sama China. Seperti biasanya kita makan siang bareng manager kita (orang Perancis) dikantin kantor. Ngobrol ngalor ngidul akhirnya topik pembicaraannya tentang pertandingan sepak bola itu tadi. Kita setuju, Walaupun tim Perancis menang 3-1 penampilannya jauh dari meyakinkan. Malah cukup mengkhawatirkan.

Manager saya bilang kalo dia nggak kaget kalo timnya sekarang mainnya jelek terus dia bilang kalo dia juga tidak terlalu suka sama tim Perancis sekarang. Saya tanya ke dia 'Kenapa nggak suka?'. 'Iya soalnya sedikit sekali orang Perancisnya' jawab dia. Saya sih langsung mengerti yang dia maksud. Kata dia lagi 'Saya mau liat tim Perancis seperti tim Itali, semuanya orang Itali, tim Jerman juga, semuanya orang Jerman'. 'Nggak kayak tim Perancis, sedikit orang Perancisnya' sambung dia. Terus saya tanya 'Maksudnya?'. 'Iya, kebanyakan orang item-nya' kata dia.

Saya sih udah hapal dengan karakter orang2 seperti ini. Terus saya bilang 'Well, jangan salahkan mereka dong kalo bisa masuk tim nasional, salahin tuh anak2 muda Perancis yang sekarang maunya cuman jadi penyanyi lewat A La Recherche De La Nouvelle Star terus sedikit yang mau maen bola lagi'. Dia jawab 'Well, kamu mungkin bener tapi sayangnya emang terlalu banyak pemain kulit berwarnanya'. Saya tanya ke dia 'Ngomong2, emang yang milih tim nasional itu orang item yah?'. Dia jawab 'No'. Pertanyaan saya sebetulnya nggak perlu jawaban soalnya kita tau kalo pelatih perancis itu berkulit putih. Saya cuma mau dia itu sadar kalo orang mau masuk tim nasional itu harus melewati proses yang panjang dan latihan yang gila banget beratnya. Bukan karena mereka berkulit hitam.

A La Recherche De La Nouvelle Star sendiri itu acara semacam Indonesian Idol yang disini ada sekitar 4 acara yang sejenis. Dulu anak2 muda dikota Marseille maunya jadi footballer yang ngetop kalo ditanya gedenya mau jadi apa. Sekarang? mereka milih jadi penyanyi. Bukan cuman anak2 Marseille tentunya yang terbius mimpi menjadi artis lewat acara2 semacam ini, phenomena ini ada dimana-mana. Lalu kalo akhirnya anak2 muda berkulit hitam yang bernasionalitas Perancis itu menjadi bintang sepak bola dan bermain untuk membela nama Perancis, apakah mereka harus disalahkan?


...

We are second generation
but we are not second class
(potongan lagu TH9 dari Asian Dub Foundation)

8 Comments:

Anonymous IndraPr said...

Wah, pedas sekali kata-katanya. Dibilang bukan orang Perancis padahal mereka sudah pasti berkewarganegaraan Perancis (kalau tidak, tak mungkin lah mereka main bola membela Perancis, kan?).

Nitip jitak buat manager elo, Ta. :D :D

3:46 AM  
Blogger tata said...

malah disatu acara TV tentang tenaga kerja di Paris, ada perusahaan yang pake code '01' yang artinya 'Perancis tapi bukan Perancis'. Maksudnya warga negara Perancis berkulit berwarna.... sad....

6:00 AM  
Blogger Wati said...

Pantes aja Prancis skrg kisruh melulu masalah "ras"... lagian, negara bekas jajahan prancis banyak di Afrika, siapa suruh.

Kayak org2 Brit sebel sama org pakistan/india, Org Londo sebel sama org indo. Laah... ngga bakal berakhirlah urusan begini dinegara barat...

5:51 AM  
Anonymous rehot said...

kalau nggak ada negro makanya perancis nggak bisa menang world cup '98... ;D
and... they must remember... the scorer for final was zinedine yazid zidane... algerian french...

7:01 PM  
Blogger Wati said...

B'tol sekali apa kata Rehot tu... :D

6:35 AM  
Anonymous na said...

sebahagian besar dunia memang tak mau lari dari dari persoalan ini, malah di malaysia pon sama. Saya kira ini masalah personaliti yang sakit... Itu cuma escapism bagi memuaskan hati yang kecewa ...Bukan gitu deh?

11:08 PM  
Blogger Skywriter said...

Betul lo, Ta! You're boss is simply... pathetic! (sorry!)

5:29 AM  
Blogger Chandra Marsono™ said...

Dari pada ngomongin boss lu yg rasis dan kaga ada habisnya mendingan...:

HAPPY BIRTHDAY TATA!!!
Makin tua aja nih :)
The X-Trail is a sweet Ride, bukan bekas boss lu yg ini kan?

:p

6:31 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home