Tuesday, May 02, 2006

Online Dictionary

Lagi belajar bahasa Inggris, Perancis, Italy, Spanyol? Atau lagi belajar semuanya? Untuk rata-rata orang Indonesia bahasa Inggris adalah bahasa asing pertama yang diperkenalkan/dipelajari. Gut feeling aja nih saya sih nggak punya data pastinya. Mungkin sekarang bahasa China juga sudah mulai banyak dipelajari, memang belum disekolah-sekolah dasar atau menengah tapi kalo kursusnya mah kayaknya udah mulai banyak.
Selain masalah grammar, vocabulary adalah masalah kedua atau bisa jadi yang terbesar sewaktu belajar bahasa asing. Buka kamus dan mencari arti sebuah kata sering membutuhkan motivasi dan kesabaran yang tinggi, terutama kalau kamusnya tebal (kayak bantal). Nah biar cepat ada solusinya: online dictionary. Menurut pengalaman pribadi ada 2 online dictionary yang sangat membantu:

1. Kalo lagi belajar bahasa Inggris bisa pakai CAMBRIDGE Dictionaries Online di http://dictionary.cambridge.org/. CDO, gampang dipakenya, anda tinggal tulis vocab yang lagi dicari terus click look up button. Nggak lama engine-nya bakal nampilin arti kata tadi beserta contoh2 kalimat. Note: Arti ditampilkan dalam bahasa inggris --bukan bahasa Indonesia.
Selain itu dengan CDO kita juga bisa menterjemahkan kata2 dalam bahasa Perancis atau Spanyol ke bahasa Inggris. Sama, contoh2 kalimat juga akan ditampilkan beserta arti kata yang dicari.


2. Yang kedua, Word Reference. Kamus online ini sangat membantu saya waktu belajar bahasa Perancis dan Itali. Dengan 1 website kita bisa menterjemahkan kata2 dalam 5 bahasa (Portugal, Itali, Perancis, Inggris dan Spanyol). Sayangnya website ini tidak mempunyai fungsi untuk mencari konjugasi, yang paling tidak dalam bahasa Perancis dan Itali sangat penting. Seperti juga bhs latin lainnya, kedua bahasa terakhir tadi terhitung sangat berat/susah grammar-nya, jauh lebih berat ketimbang bahasa Inggris. Kata benda, sifat, kerja dan artikel bisa berubah tergantung dari subyek dan waktunya. Contohnya kalau dalam bahasa Indonesia kita kita bilang 'Saya makan', 'Ibu makan', 'Mereka makan' bahasa Perancis dan Itali punya cara sendiri:


Perancis (present)
je mange
tu manges
il mange
nous mangeons
vous mangez
ils mangent

Itali (indicativo presente)
(io) mangio
(tu) mangi
(lui/lei) mangia
(noi) mangiamo
(voi) mangiate
(loro) mangiano

Ini baru present, gimana kalo past tense, future dll dll? Yah, kata2nya akan berubah lagi. Susah yah? Well, tergantung, kalo anda memang punya motivasi yang tinggi atau terpaksa (kayak saya), anda bisa jadi malah menikmatinya. Yang pasti, saya yakin kalo bahasa Indonesia itu adalah bahasa termudah didunia.

...
...
(terang aja, gue-kan orang Indonesia, jadi gampang aja ngomong begini)

16 Comments:

Blogger Wati said...

emberr... siapa ya dulu yg suka ngata2in aku kalo lagi ngulang2 latihan ngucapin "R" dlm bhs prancis??.. kayak org sakit tenggorokan. Sekarang kita mah kalah canggih sama our little lady at home! elle parle parfaitement français.. :)

12:39 PM  
Anonymous IndraPr said...

Setuju dengan pendapat bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa termudah di dunia.

Dulu waktu kita belajar membaca waktu TK/SD kayaknya gampang banget. Lah sekarang ngajarin anak membaca (dalam bahasa Inggris) susahnya minta ampun.

8:58 PM  
Blogger tata said...

@wati: hehehe

@indrapr: bersukurlah menjadi orang indonesia, bhsnya gampang bgt.

1:05 AM  
Blogger Skywriter said...

Nggak setuju! Kalo dibilang bahasa Indonesia bahasa paling gampang. Kenapa banyak orang Indonesia termasuk pejabat (juga mahasiswa) nggak bisa ngomong dengan baik dan benar? Lulusan S1 di kantor gw aja, yang kerjanya bikin sinopsis berita dengan bahasa Indonesia, nggak tahu bedanya kalimat sempurna dengan anak kalimat atau frasa. Inikan namanya Kacang Coklat alias KaCo, euy! Hehehe!

7:53 AM  
Anonymous Hany said...

Aduuuh iya tuuuh, itu konjugasiii... iiihh.. gemes, deh. Pantes kagak pernah lewat dari je mange, je mange... paling bete kalo udah ktemu konjugasi :D

1:57 PM  
Blogger tata said...

@us: kalo itu mah bukan emang dasar aja males belajar bukan gara2 susah.

@hanny: ditambah lagi sama feminin-maskulin.... pusing...

3:38 AM  
Blogger Skywriter said...

Berarti parah banget ya, Ta! :)

2:12 AM  
Anonymous Anonymous said...

Greets to the webmaster of this wonderful site! Keep up the good work. Thanks.
»

6:43 PM  
Anonymous syima said...

hahaha... klo udah ketemu konjugasi rasanya kaya pengen mukulin dosennya, bete... tapi lama2 seru juga sih, kalo kita kesel jd bisa marah2 n menggerutu pake b.prancis tanpa ada yg ngerti... wahahahahaha.........

11:38 PM  
Anonymous Anonymous said...

adduhhhh,,,,,
pada belom ngrasain belajar bahsa jerman yah????
kalo kata orang bahasa perancis paling susah, berarti belom pernah ditabok pake kamus gramarnya jerman neh,,,
Perancis vs Jerman,,,???
Hidup Peranciiissss!!!!
Mati aja Jermaaannnn!!!!

6:51 AM  
Blogger Sweet Lady said...

Pengen belajar bahasa perancis... kayaknya enak banget kata2nya klo udah keluar dari mulut... hehehe... tp berapa lama yah??

8:36 PM  
Anonymous auLia said...

Namanya mbak tata ya?
Salam kenal, mau nih diajak ngobrol pake perancis. Tapi diriku masih pemula loh. Jadi jangan yang sulit2.

8:32 PM  
Anonymous auLia said...

Namanya mbak tata ya?
Salam kenal, mau nih diajak ngobrol pake perancis. Tapi diriku masih pemula loh. Jadi jangan yang sulit2.

8:35 PM  
Blogger dirga said...

salam kenal semua
saya orang baru yang baru pengen belajar bahasa prancis,untuk semua master bahasa prancis tolong saya, harus dari mana ya enaknya belajarnya?

4:23 AM  
Blogger tata said...

halo dirga, makasih untuk komennya.
Kalo mau belajar bisa mulai dgn menggambil kursus. Di Jkt yg bagus itu yg punyanya CCF. Setelah itu banyak2in praktek biar tambah lancar

4:59 AM  
Anonymous ola said...

belajar bahasa apapun bahkan mau belajar bahasa monyet sekalipun pasti bisa...aku juga udah 6 bulan ini ambil kursus bahasa prancis..lumayan kalau mau gosip or cerita2 yg secret bisa pake bahasa ini ke teman. Vous parlez francais?

8:37 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home