Monday, April 03, 2006

the story behind the name

Tau nggak sih artinya 'Jaingluh'? Jaingluh itu salah satu dari kata2 romantis yang sering orang pakai kalo lagi ribut sama temen misalnya, atau juga bisa dipakai juga kalo anda misalnya lagi nyetir dan terus diserobot sama orang lain. Jaingluh adalah versi halus dari kata 'Anjing luh!'. Yang terakhir ini artinya sangat kasar dalam bahasa Indonesia dan jarang sekali dipakai disekolah, dirumah tangga, di rapat2 dikantor, dibimbingan belajar, diarisan ibu2, disalon dll. Tetapi mungkin saja anda akan/sudah menemukan bbrp addicted users kata ini, misalnya di terminal, ditempat main biliar, atau ditempat-tempat dimana peradaban jahiliah masih kuat pengaruhnya :D

Terus, kalo jaingluh itu adalah turunan dari kata2 manis 'Anjing luh!' kenapa dipake jadi nama blog gue? Apakah gue mau me-jaing-kan orang yang baca blog gue? Yah enggak dong. Gue ngeblogkan salah satunya mau nyari temen2 khususnya yang berbahasa Indonesia. Sebetulnya ada ceritanya kenapa kata ini kepilih (bukan 'dipilih').

Ceritanya suatu malam, gue bilang ke istri 'Eh mau ngeblog lagi ah'. Istri gue bilang 'Yah udah sok atuh'. Pertama-tama kita putusin kalo kita mau hosting di blogspot.com soalnya istri juga udah punya 2 blog disitu dan dia ok2 aja sama blogspot.com.

Terus, mulai deh kita berdua mencari ide utk nama blog gue. Kita coba pake tubagus.blogspot.com, eh udah diambil orang. Coba jakarta.blogspot.com udah dipake juga. Coba jalanjalan.blogspot.com orang laen udah bikin blognya disitu.Sampe akhirnya kita udah nyoba2 sekitar 20-an nama yang terlintas diotak gue, semuanya udah dipake. Jangan2 ampir semua orang di Indonesia pada nge-blog di blogspot kali yah.

Ampir 1 jam kita berdua duduk didepan laptop tapi belom juga nemu kata2 yang 'klik' utk nama blog gue. Kata yang pendek dan gampang diinget orang. Akhirnya ide kotor tiba2 menguasai pikiran gue (caelah)... 'Eh kalo jaing gimana?' Gue minta pendapat istri. Dia bilang 'Jangan dong masa jaing, rude banget'. 'Gimana kalo jaingluh?' tanya gue lagi. Dia nggak komentar apa2 cuma ketawa doang, 'Yah udah coba aja'. Eh ternyata pas dicoba jaingluh ternyata belom ada yang make, dan gue ngga bisa cancel lagi soalnya blogspot udah 'book' nama ini utk gue. Jaingluh emang pendek tapi gue nggak yakin kalo orang bisa cepet inget.

Tapi, kalo ada yang tidak berkenan dengan nama jaingluh, maaf yah. Gue enggak bermaksud bersumpah serapah kok. Percaya deh gue gak ada maksud buruk.

Ok Broer?

8 Comments:

Anonymous IndraPr said...

Apalah artinya sebuah nama... hehehe... :)

4:43 PM  
Blogger tata said...

indra: elo betul, apalah artinya sebuah nama. Tapi ternyata nama itu penting dan bisa mempengaruhi karir kita. Entar deh gue tulis artikel ttg nama ;)

1:23 AM  
Blogger MuLuT-SaMpAh said...

hahaha... Mas, tadinya saya juga bertanya2 ttg nama blognya. akhirnya terjawab di postin gyang ini :)

5:58 PM  
Blogger tata said...

@m-s: yah dari pada orang salah sangka mendingan dikasih tau ajah dari awal....

1:12 AM  
Anonymous Hany said...

Ooooohhhhhh gitu tooooh, cerita awal mulane. Sip sip, jadi lain dr yg lain, deh!

8:22 AM  
Blogger Skywriter said...

There's a saying "what's in a name?" I don't give a s#@t of it. As long as I like the content, to hell with the wrapper! :)

5:25 AM  
Blogger sazi said...

nama tuh lbh punya arti bagi yg membuat & yg diberi nama. btw, emang nama ada pengaruhnya di karir? how come?

8:37 AM  
Blogger tata said...

sazi: thx komentarnya. entar deh gue tulis artikel ttg nama yg gue maksud.

4:59 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home