Sunday, April 16, 2006

Nyiapin TOEFL

Udah beberapa minggu terakhir ini gue sibuk nyiapin TOEFL. Utk apa sih? ntar deh gue ceritain di artikel yang lain. Minggu ini mumpung lagi weekend panjang banget nih --4 hari-- ngga gue sia2in. Selain beres2 rumah, main sama Annisa dan belanja migguan sama istri, dari Jumat kemarin gue banyak baca buku2 yang udah dibeli.

Dari 3 buku yang gue tulis di 'Beli Buku' --April 2, 2006-- satu per satu udah mulai gue baca. Yang pertama itu buku Advanced English Vocabulary in use dari Cambridge. Eh menarik juga yah bukunya. Model materinya juga nggak kayak biasanya. Bukunya tuh terdiri dari 108 chapter (gleg, banyak banget ya'). Tiap2 chapter terdiri dari 2 halaman (phewww. alhamdulillah nggak kepanjangan). Halaman kiri teori terus halaman kanan exercise. Tiap chapter begitu. Sampe hari ini gue udah belajar sampai chapter 16. Lumayan yah. Ntar malem rencananya mau baca 2 chapter lagi.

Buku yang ke-2 buku TOEFL preparation dari Barron's. Bukunya tebeeeeel banget. 740 halaman jek. Gile banget. Tadinya gue bingung mau mulai dari mana bacanya. Gue mulai dari halaman satu bikin gue down banget, abis bla-bla-bla-nya panjang banget buku ini. Masa sampe halaman ke 40 masih belum ngomongin materinya? Gue musti sering2 ngingetin diri gue utk keep on fighting. Maju terus pantang mundur. Cape' juga, akhirnya gue balik ke indexnya lagi langsung cari chapter yang menarik terus lompat ke situ. Sekarang gue lagi baca chapter 'Structure'. Dari sini gue belajar kalo Bhs Inggris tuh juga punya Subjunctive.

Buku yang ketiga sebetulnya bukan buku reference tapi kamus. Bukan kamus Bhs Indonesia-Inggris-Indonesia, tapi kamus sinonim dan antonim. Penting kalo mau tau kata2 yang artinya sama atau ampir sama. Gue rekomendasi kamus ini kalo anda sering nulis dalam bahasa Inggris.

Selain ke 3 buku tadi, untuk reading exercise sama nyari advanced vocabs gue minjem majalah2 dari kantor kayak Harvard Business Review, Newsweek, BusinessWeek etc. Kadang2 dimajalah ini banyak kata2 yang sering muncul berulang-ulang yang artinya gue gak ngerti tapi males banget buka kamus nyari artinya. Tapi berhubung sekarang gue lagi nyiapin TOEFL, gue jadi rajin buka kamus online dari Cambridge. Paling nggak sekarang rasa percaya diri gue tambah tinggi untuk baca artikel di HBR yang emang materinya aja sering njlimet.

Gue masih belom register untuk test TOEFL, targetnya sih Juli ini udah musti ikut test. Ntar deh hari selasa gue telepon test centernya.

A plus.
Tata

4 Comments:

Anonymous IndraPr said...

Wah, mau nerusin kuliah ya, makanya perlu TOEFL? :) Good luck, semoga sukses!

3:48 AM  
Blogger tata said...

rencananya sih. mudah2an berjalan lancar

5:44 AM  
Blogger Skywriter said...

Wise man once said to me: "It's a shame if you fail but it's a true disaster if you never try!" Just do it, man! Break a leg!

BTW, highest score for paper-based TOEFL (according to Rini) is 660. Dunno if you take the computer-based TOEFL.

7:20 AM  
Blogger tata said...

Us, yg ini pokoknya gue kerjain semua testnya kalo emang akhirnya gak diterima yah.... try others.

9:47 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home