Tuesday, April 18, 2006

Nyiapin TOEFL bag. 2

Untuk nambah vocabulary baru dan advanced, saya baca artikel2 dari majalah bisnis yang difotokopi dikantor. Dari situ saya bikin daftar kata2 baru atau kata2 yg kurang jelas beserta artinya. Dari semua kata2 yang sudah saya catet, ternyata alo saya liat2 ada 3 kelompok kata:

Satu, Kata2 baru yang belum pernah saya denger/baca sebelumnya. Contohnya: Voracious, yang artinya menurut Cambridge Dictionaries Online (http://dictionary.cambridge.org/) adalah very eager for something, especially a lot of food. Contoh kalimat dengan kata ini:

He has a voracious appetite (= he eats a lot).
Daus is a voracious reader of Ani Arrow novels (= He reads a lot of them eagerly and quickly).

Contoh lainnya: scuffle: a short and sudden fight, especially one involving a small number of people. Contoh kalimat:

Two police officers were injured in scuffles with fans at Sunday's National Football League contest.

Kelompok kedua, kata yang sering atau sudah beberapakali denger/baca tapi karena males buka kamus artinya nggak begitu jelas di kepala. Atau gampangnya pas ketemu kata ini, saya cenderung liat konteks kalimatnya terus ngira2 sendiri apa artinya. Kadang benar tapi lebih sering salahnya (Hihihi). Contohnya: leverage, backlash dan overrun. Leverage udah tau artinya soalnya bos2 seneng banget make kata ini kalo di-meeting (taunya game Binggo Bullshit nggak? Nah ini salah satu kata yang gue masukin ke list nya).
Kata Backlash (bukan Backless yah)saya nggak terlalu ngeh artinya. Ini hasil me-reka-reka yang idenya sebetulnya nggak jauh beda dengan arti sebenarnya. Saya tebak2 BACK artinya kan berbalik yah terus LASH itu dipecut kan? nah kira2 pecutan balik atau action seperti itu lah. Arti sebenarnya taunya 'reaksi keras' (nggak jauh bedakan. Apa jauh?). Yang terakhir kata overrun tadinya saya pikir artinya dilindes eh taunya yang bener tuh: If unwanted people or things overrun, they fill a place quickly and in large numbers.
Contohnya:

Rebel soldiers overran the embassy last night.
Our kitchen is overrun with cockroaches.

Kelompok kata terakhir, kelompok kata2 yang artinya udah tau tapi saya penasaran dengan arti baku-nya --dalam bahasa Inggris. Contoh: painstakingly, ensue, reinstate dll.

Selain 3 kelompok tadi, yah kelompok kata2 yang semua orang udah tau artinya. Untuk kata2 ini saya nggak bikin list khusus karena emang udah terlalu apal banget. Contohnya: apple, car, joker, airhead--hihihi.

Voila, Ternyata, belajar kata2 baru bahasa Inggris tuh bisa menarik dan nggak ngebosanin. Paling nggak sekarang saya bisa lebih ngerti banyak artikel yang dulu mau mulai bacanya aja udah males. Apalagi sekarang punya target dapet score TOEFL yang adequate untuk sekolah lagi (eh buka kartu nih :D)

OK itu dulu deh... udah jam 11:00 malem nih.
Ciao. Bon nuit.

5 Comments:

Blogger Skywriter said...

It's quite an insightful writing, Buddy! English wise...
I just don't remember you have asked for my permission to use my name as one of the examples in the sentences. :)

11:22 PM  
Blogger tata said...

Ohhhh itu salah ketik tuh, yang asli tulisannya Saud kok gue tulisnya Daus sih. Gue keinget ke elo kali yah pas nulis ini... ntar gue edit deh. Hehehe.

1:18 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hi! Just want to say what a nice site. Bye, see you soon.
»

6:43 PM  
Anonymous Anonymous said...

Really amazing! Useful information. All the best.
»

7:50 PM  
Anonymous Anonymous said...

I find some information here.

12:06 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home