Monday, March 27, 2006

Untung aja....

Pernah gak elo bilang 'Uh untung aja gue nggak pergi, kalo pergi bisa-bisa ...' (ganti '...' dengan kejadian buruk, contohnya 'keujanan soalnya ujan gede banget', 'kena tilang soalnya ada Operasi Zebra', 'kena macet soalnya ada demonstrasi di bunderan HI' dll).

Gue sendiri pernah, bbrp kali. Contohnya, waktu di Jakarta gue mau banget kerja di salah satu perusahaan IT dari US, gue udah jungkir balik coba ngelamar, tapi surat lamaran gue nggak pernah ditanggapin, padahal gue skillful dan berpengalaman sama produk mereka. Contoh kedua, masih di Jakarta, gue pingin banget kerja di consulting yg nge-top dari US juga. Walaupun gue berhasil ngelewatin bbrp wawancara di dua consulting top (=The Big Five), lagi2 nasib jelek, gue nggak diterima. Sedih, kesel, marah semua nyampur jadi satu.

Tahun '97 adalah tahun yang nggak bakal dilupain banyak orang Asia, apalagi orang Indonesia. Tahun krisis ekonomi, yg bikin banyak perusahaan gulung tiker. Nah 2 dari 3 perusahaan tadi rasionalisasi besar2an pegawainya (=lay off). Waktu gue tau mereka mecat pegawai2nya, gue bersyukur, 'Untung aja gue nggak kerja disitu, soalnya, bisa2 gue jadi pengangguran'. Yah untung aja, jadi pengangguran kan nggak enak apa lagi jaman krismon. Untung aja gue 'cuma' kerja di consulting kecil yg nggak ngetop, tapi perusahaan ini juga yang naikin gaji gue ampir 2 kali sewaktu perusahaan yang lain di jaman krisis mecat2in pegawainya atau paling nggak gajinya dipotong. Berarti untung dong gue waktu itu gagal, nggak diterima di perusahaan yg ngetop tadi? Itung aja paling nggak gue untung 2 kali: tetap kerja dan gaji dinaikin.

Moral dari cerita ini? Jangan cepet putus asa waktu kita gagal meraih cita2 kita. Kata orang ngetop 'Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda' (aduh siapa yah yang ngomong ini?). Kayaknya klise, tapi percaya deh, langit biasanya cerah setelah badai selesai.

Geneva, 27 Maret 2006

2 Comments:

Blogger Fortuna said...

benul banget! kenapa harus sedih karena gagal...
nggak ada anak bayi yang baru keluar langsung bisa jalan... pasti pake jatoh2 dan benjol dulu... :)

6:00 AM  
Blogger tata said...

hehehe... sebenernya gue lagi menghibur diri sendiri nih

9:02 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home